Inovasi Terbaru Telkom dengan TELIS 2.0
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) baru saja meluncurkan TELIS 2.0, sebuah aplikasi legal intelligence terbaru yang memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) untuk mengelola dokumen peraturan perusahaan hingga akses dan analisinya. Aplikasi ini dirilis pada 17 September 2025 dan dirancang khusus untuk membantu karyawan TelkomGroup dalam memahami kebijakan perusahaan dengan lebih cepat, akurat, dan kontekstual.
TELIS 2.0 merupakan pengembangan dari TELIS 1.0, yang sebelumnya berfungsi sebagai aplikasi penyimpanan dokumen peraturan perusahaan secara digital. Kini, TELIS 2.0 hadir dengan desain fundamental yang menggunakan teknologi AI, tidak hanya menyimpan dokumen, tetapi juga mampu memanfaatkan dokumen legal secara cerdas. Sistem ini kini berevolusi menjadi sistem manajemen kebijakan terpadu yang dapat menelusuri, meringkas, dan menampilkan informasi penting dari ratusan dokumen hanya dalam hitungan detik.
Efisiensi Kerja yang Signifikan
Pemanfaatan TELIS 2.0 telah memberikan dampak signifikan bagi tim Legal di Telkom. Dengan sistem ini, waktu kerja administratif dapat dipangkas hingga lebih dari tiga jam per hari, setara dengan 40 menit per karyawan. Dengan efisiensi waktu ini, karyawan bisa fokus pada pekerjaan yang lebih strategis dan berdampak. Selain itu, kemampuan analitik dokumen yang didukung AI membuat karyawan bisa melakukan pemeriksaan dan perbandingan dokumen hingga 24 kali lebih cepat dibandingkan apabila dilakukan secara manual.
Kecepatan ini tidak hanya meningkatkan keefektifan kerja, tetapi juga mendorong produktivitas karyawan untuk fokus pada pengambilan keputusan dan inovasi hukum yang bernilai lebih tinggi.

Direktur IT Digital Telkom Menjelaskan Manfaat TELIS 2.0
Direktur IT Digital Telkom, Faizal Rochmad Djoemadi, menjelaskan bahwa TELIS 2.0 menjadi titik tolak use case AI dalam program Telkom AI Center of Excellence. “Memilih use case yang tepat adalah kunci sukses setiap organisasi dalam mengadopsi AI. Kami mulai dari pemilik data yang siap dengan data dan ambisi transformasi yang kuat, dengan dampak langsung kepada sebanyak mungkin karyawan,” ujar Faizal.
Ia menambahkan, “Unit kerja dipermudah, karyawan dipermudah, maka tidak sulit menjustifikasi kebutuhan AI, karena itu kami mulai dari unit Legal melalui TELIS 2.0 ini.”
Pencarian Dokumen Lebih Sederhana
Kehadiran TELIS 2.0 merupakan inovasi yang menjawab tantangan umum yang dihadapi oleh karyawan di lingkungan TelkomGroup untuk mencari dokumen kebijakan yang relevan atau versi terbaru. Melalui TELIS 2.0, proses pencarian menjadi jauh lebih sederhana. Karyawan cukup mengetik kata kunci dan sistem akan langsung menampilkan ringkasan serta konteks kebijakan yang dibutuhkan.
Teknologi Cognitive AI di balik TELIS 2.0 dirancang bukan untuk menggantikan peran manusia, melainkan membantu mereka untuk bekerja cerdas dengan lebih cepat dan lebih tepat. Dengan kapabilitas Cognitive AI dalam sistem manajemen dokumen cerdas, AI ini kemudian akan dikembangkan untuk dapat membantu unit Legal Telkom dalam memperbaharui peraturan-peraturan dengan lebih cepat. Tidak hanya dalam hitungan detik mengetahui peraturan yang harus diperhatikan atau disesuaikan, tetapi juga menyusun kebijakan baru dengan efisiensi tinggi.
Harapan Masa Depan
Harapannya, implementasi TELIS 2.0 menjadi langkah nyata bagi Telkom dalam mewujudkan ekosistem digital dan menghadirkan dampak positif AI ke dalam aktivitas kerja sehari-hari. Dimulai dari hal sederhana namun berdampak besar bagi karyawan dan organisasi di masa depan.