Viar E-Cross: Si Pendetek Offroad yang Hebat Naik Turun Bukit

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Halo penggemar otomotif! Jika kamu mengira sepeda motor listrik hanya sesuai untuk jalan raya di perkotaan atau sekadar "motor santai", siap-siap saja pandanganmu berubah oleh hal ini. Viar E-Cross Motor listrik yang satu ini unik banget , dikarenakan dari segi ukuran dan desainnya yang menyerupai sepedatrail kecil, namun kekuatan dan kinerjanya sungguh membuat orang terkesima .

Viar, merek lokal dari Semarang, berani menciptakan sepeda motor listrik yang memang dirancang khusus untuk ini. off-road , bukan sekadar gimmick. Viar E-Cross 2024 tampak dengan konsep minimalis, rangka yang ringan, serta performa instannya dari mesin elektrik. Sudah pernah memperlihatkan kemunculannya. GIIAS 2018 , dan hingga kini semakin banyak diperbincangkan karena menjadi salah satu pendiri sepeda motor jalur off-road listrik di Indonesia.

Desain: Motor Atau Sepeda? Tidak Masalah, Asalkan Dapat Menghadapi Kemiringan!

Jarak memandang, desain Viar E-Cross membuat orang penasaran dan ingin bertanya: “Ini motor atau sepeda?”

Jawabannya? Keduanya.

E-Cross pakai rangka alloy aluminium , sangat minimalis. Ukurannya juga lebih compact dibandingkan dengan motor trail pada umumnya, namun masih memiliki tampilan yang garang layaknya sepeda motor untuk medan off-road. Tanpa adanya suara mesin, tidak ada knalpot, serta desainnya yang Compact, Viar E-Cross sangat sesuai untuk:

  • Kamu yang ingin bermain di lintasan offroad dengan tantangan rendah

  • Memiliki area khusus untuk bermaintrail

  • Mau sepeda motor yang seru namun tetap ramah lingkungan serta tidak berisik?

Tempat duduknya berjenis single seater, dengan ketinggian yang cukup tinggi, dan Ground clearance-nya sangat baik untuk melalui bebatuan atau lumpur. Selain itu, beratnya sangat ringan, membuat gerakan menjadi lebih mudah.

Varian Viar E-Cross: Lite versus Advance, Mana Yang Harus Kamu Pilh?

Viar E-Cross hadir dalam dua varian utama :

  1. E-Cross Lite

    • Varian standar

    • Lebih terjangkau

    • Sesuai untuk penggemar yang suka bersenang-senang dan pemula

  2. E-Cross Advance

    • Daya lebih besar

    • Spesifikasi sistem suspensi dan pengendalian lebih komprehensif

    • Untuk kalian yang sudah berpengalaman dalam aktivitas offroad

Perbedaan terletak pada kinerja output tenaga serta spesifikasi suspension-nya. Variasi Advance lebih sesuai untuk Anda yang berkomitmen dalam balapan di lintasan off-road.

Kinerja: Kekuatan Memukau dari Motor Listrik Mulai Dari Putaran Pertama

Walau kapasitas CC-nya tidak disebutkan karena hal tersebut, meskipun begitu motor listrik , E-Cross masih mampu menghantam kuat sejak awal berjalan. Karakter mobil listrik memang sangat berbeda dengan motor bertenaga bensin:

  • Torsi muncul secara instan 100% mulai dari putaran per menit nol

  • Tidak ada lagi masalah, tidak perlu operasi pada gigi.

  • Akselerasinya terasa seolah-olah "melompat" saat putaran gas ditingkatkan.

Jadi begitu, para pemula yang baru mencobanya biasanya terkejut. Kendaraan ini memang benar-benarnya seperti itu. ngacir dari diam kayak jet mini.

Pengendalian dan Suspension: Seperti Jalur Petualangan Kecil Namun Bukan untuk Bermain-main

Suspensi:

  • Depan Fork Terbalik (USD)

  • Belakang : Monoshock

  • Suspensi perjalanannya cukup dalam, dan Respons-enya sangat cocok untuk dimainkan dengan tanah.

Meskipun dimensinya kecil, Rangka dan sistem suspensinya memang dirancang khusus untuk kondisi medan off-road. Guncangan akibat batu, tanah liat, atau lereng yang terjal dapat ditanggung dengan mudah.

Ban belakang ukuran R19 Juga sangat membantu untuk grip di medan lembab atau berbatu. Kamu tidak akan merasakan seperti mengendarai "sepeda biasa", ini benar-benar sepeda gunung kecil yang mampu menantang jalur ekstrim.

Fitur Digital: Sederhana Namun Cukup Moderen

Meski kelihatannya seperti mainan, Panel instrumen sepeda motor Viar E-Cross telah menggunakan sistem digital. Berikut beberapa fasilitas yang akan Anda peroleh:

  • Digital Speedometer

  • Tripmeter

  • Display layar kecil

  • Indikator baterai

  • Tidak terdapat petunjuk untuk minyak pelumas, bahan bakar, ataupun standar sisi (sebab tidak penting).

Sederhana namun cukup untuk mengetahui kecepatan dan tingkat baterai. Sangat cocok bagi kamu yang mencari sepeda motor untuk keseruan berkendara, bukan sekadar motor rumit.

Pengereman & Keselamatan: Dual Discs, Membutuhkan Sistem Pengereman Yang Handal

Dengan karakter mesin yang secara instan memukau, rem harus bisa dipercaya.

  • Depan : Cakram (Disc Brake)

  • Belakang : Cakram juga

Roda depan dan belakang sangat berguna saat Anda melaju di medan off-road dan memerlukan pengereman mendadak. Walaupun belum dilengkapi dengan sistem rem anti-lock (ABS), berat sepeda motor yang ringan cukup menjaga kontrol pengereman.

Kenyamanan serta Desain Ergonomis: Ketinggian Seat Minimal Namun Masih Kokoh

  • Tinggi Jok : 270 mm

    (Catatan: Kemungkinan besar informasi ini tidak akurat atau incomplete dikarenakan angkanya tampak sangat rendah. Mungkin saja ketinggian sesungguhnya berkisar antara 850 mm.)

  • Footstep dan stang dibuat layaknya motor trail

  • Joknya tipis dan kuat, jadi persiapkan energi jika bermain lebih dari 1 jam.

Motor ini bukan untuk mengendarai dengan santai di sekitar kota , tapi buat seru di jalur luar jalan, kebun, atau hutan kecil. Kamu akan merasakan sensasi melompat-melompet kecil tanpa perlu repot seperti motor trail biasa.

Kelebihan Viar E-Cross

Listrik = ramah lingkungan & gak berisik

✅ Torsi gila dari RPM nol

✅ Suspensi USD & Monoshock yang bekerja maksimal

✅ Cakram depan-belakang

✅ Sangat ringan, sesuai untuk pemula yang ingin mencoba off-road.

✅ Sesuai untuk perjalanan seru tanpa repot BBM dan pelumas

Kekurangan Viar E-Cross

❌ Harga resmi belum diungkapkan

❌ Panel instrumen terbatas

❌ Jok yang keras dan tak nyaman untuk perjalanan jarak jauh

❌ Aftersales belum tersedia secara luas (bergantung pada wilayah).

❌ Belum legal digunakan di jalan raya (untuk versi sekarang)

Harga Viar E-Cross di Indonesia: Belum Resmi Tapi Diperkirakan Segini...

Sampai sekarang, harga resmi belum diumumkan. Tapi dari beberapa sumber dan bocoran di event otomotif:

  • Viar E-Cross Lite : Diperkirakan Rp30–35 juta

  • Viar E-Cross Advance : Bisa tembus Rp50 jutaan

Harga tersebut pastinya akan disesuaikan berdasarkan spek final, daya tahan baterai, serta ketersediaan aksesori pendukung.

Untuk Kamu yang Gemar Olahraga Offroad tapi Tak Ingin Repot, Berikut Solusinya

Viar E-Cross menjadi pilihan menarik untuk para pemotor yang ingin:

  • Motor trail listrik ringan

  • Hiburan off-road tanpa kebisingan yang mengganggu

  • Tidak ingin repot dengan perawatan mesin, pelumasan, dan bahan bakar.

  • Cocok buat anak muda atau penghobi yang punya area offroad pribadi

Lo gak perlu takut ribet karena gak ada persneling, gak ada rantai oli, gak ada bensin. Cukup charge dan gas .

Tapi ya ingat, ini bukan motor harian yang legal di jalan raya. Sampai ada versi street legal, E-Cross paling pas untuk hobbi dan perjalanan yang menyenangkan.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form