Jakarta, IDN Times – Kecepatan halus mobil tidak terlepas dari dampak suspensi. Sebagai pemilik kendaraan, wajar jika Anda merawat komponen ini secara rutin.
Pemeliharaan pada komponen kendaraan tidak hanya terkait dengan sistem suspensi, tetapi juga dapat dimulai dari roda. Pastinya Anda semua sudah familiar dengan istilah spooring dan balancing, ya?
Spooring merupakan tindakan membetulkan letak atau posisi dari keempat ban mobil sehingga sesuai dengan spesifikasi asli pabrikan. Sementara itu, balancing berarti mengatur keseimbangan di sekitar roda pada arah vertikal maupun horizontal, dan sering kali dilakukan penambahan bobot logam di area yang tidak seimbang tersebut.
Berikut ini beberapa poin penting tentang pengetahuan mendasar ketika kendaraan Anda memerlukan spooring dan balancing.
1. Setir terasa berat

Kendaraan yang perlu dispooring dan diresizing umumnya mengalami setir yang berat, keras saat dikendalikan ke arah kiri maupun kanan, serta tampak tetap sedikit lurus walaupun telah diberi usaha maksimal untuk membelokkannya.
Di samping itu, umumnya kemudi tak langsung kembali ke posisi aslinya ( lurus ) seketika setelah melakukan manuver belok dan perlu dilesakkan secara manual. Ini bertolak belakang dengan situasi normal di mana kemudi cenderung mengembalikan dirinya sendiri ke letak awalnya.
2. Kepala roda tidak sejajar dengan arah kemudi

Ciri kedua yang mungkin Anda temukan saat mobil mulai memerlukan servis spooring atau balancing ialah adanya gerakan kendaraan yang condong ke sebelah kiri maupun kanan walaupun kemudi masih tetap dipegang dan berada pada posisi tengah.
Keadaan kemudi semacam itu pun dapat terlihat ketika mobil dalam keadaan terparkir. Periksa apakah roda masih sedikit miring walaupun kemudinya telah tegak lurus.
3. Setir akan mengalami perputaran secara otomatis

Agar mengecek apakah stir akan belok dengan sendiri, metodenya cukup berisiko dan idealnya dilaksanakan pada jalan yang sunyi serta permukaannya datar. Caranya adalah pergilah secara lurus, lalu lepaskan setir kendaraan tersebut.
Jika dengan cepat setir diputar ke salah satu sisi baik itu kanan atau kiri, bisa jadi mobil Anda memerlukan servis spooring atau balancing.
4. Ban sepeda rusak pada saat yang berbeda.

Mobil-mobil yang biasanya dipakai untuk perjalanan panjang serta kerap bertemu dengan lubang-lubang di jalanan dapat mengalami pergantian posisi pada ban mereka. Keadaan tersebut bisa membuat ban mobil aus secara tidak merata seiring waktu pemakaian.
Anda bisa memeriksa keadaan lintai pada roda tersebut. Jika lintai yang cepat aus terjadi hanya di salah satu sisinya, entah itu roda sebelah kiri ataupun kanan, maka kemungkinannya besar mobil Anda membutuhkan servis spooring atau balancing.